• gambar
  • gambar

Selamat Datang di Website SMA NEGERI 8 PURWOREJO. Terima Kasih Kunjungannya

Kontak Kami


SMA NEGERI 8 PURWOREJO

NPSN : 20306170

Dusun Patalan, Desa Grabag, Kec. Grabag, Kab.Purworejo 54265


sman8_purworejo@yahoo.co.id

TLP : (0275) 3141096


          

Video Terbaru

SMAN 8 Purworejo Juara Pertama Dalam Ajang Festival Film Pendek Pelajar 2019




‘Cahaya di Balik Jeruji’ karya siswa SMAN 8 sebagai juara pertama dalam ajang Festival Film Pendek Pelajar Kabupaten Purworejo 2019.   Penyerahan hadiah dan pengumuman pemenang dilaksanakan pada Senin (18/11/19) saat Malam Penganugerahan Festival Film Pendek Pelajar diaula Rutan Purworejo.

Festival film pendek ini diikuti oleh pelajar SMP dan SLTA di Kabupaten Purworejo dengan dewan juri berasal dari Dewan Kesenian Purworejo (DKP).

Menurut Kepala Rutan Rutan Kelas 2B Purworejo Lukman Agung Wibowo, festival film pelajar ini diadakan supaya masyarakat tahu bahwa rumah tahanan atau penjara bagi sebagian besar masyarakat adalah tempat yang menyeramkan.

“Makanya untuk menghilangkan momok atau stigma kelam tersebut, kami berinisiatif mengadakan Festival Film Pendek Pelajar Kabupaten Purworejo 2019, dan rencananya akan kita adakan setial tahun, “ujar Lukman.

Lanjut Lukman, kegiatan Festival Film Pendek ini bertujuan untuk memperkenalkan kepada masyarakat umum tentang lembaga pemasyarakatan atau rutan.

“Sekarang ini sosialisasi pemasyarakatan secara langsung sudah tidak terlalu efektif, yang lebih efektif sekarang ini dengan media sosial ataupun film pendek yang diunggah ke kanal Youtube,” terang Lukman.

Lukman menambahkan Dalam FFPP 2019, sebanyak 12 peserta mengikuti tahap seleksi dewan juri berdesarkan beberapa kriteria. Diantaranya kesesuaian tema tentang pemasyarakatan, unsur pendidikan yang harus meminimalkan hal-hal yang berbau kekerasan, teknik pengambilan gambar dan editing, akhirnya terpilih sebagai pemenang yakni

Juara pertama diraih karya siswa SMAN 8 Purworejo dengan judul film ‘Cahaya di Balik Jeruji’ dokumenter berisi kegiatan warga binaan di dalam rutan serta pandangan-pandangan masyarakat terhadap napi dan rutan.

Juara dua film berjudul ‘Kita Sama, karya siswa MAN Purworejo sedangkan juara ketiga berjudul ‘Kesempatan Kedua’ karya siswi SMAN 10 dan juara favorit berjudul ‘Jeruji Tobat diraih SMK TI Cendikia.

Sementara itu, Faizal Chandra, salah satu siswa kelas XII SMAN 8 yang meraih juara pertama dalam FFPP mengatakan bahwa ide pembuatan filmnya berasal dan inisiatif teman-teman.

“Pembuatan film selama tiga hari dengan lokasi di Kota Purworejo dan di dalam Rutan. Kami melakukan riset tentang apa sebenarnya rutan dan bagaimana kehidupan di dalamnya,” ujar Faizal.

Untuk para juara, Rutan Purworejo memberikan piala, piagam dan uang pembinaan.



Share This Post To :




Kembali ke Atas


Berita Lainnya :




Silahkan Isi Komentar dari tulisan berita diatas :

Nama :

E-mail :

Komentar :

          

Kode :

 

Komentar :


   Kembali ke Atas